Pandangan Guru Dan Siswa Terhadap Nilai-Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Fiqih Di MtsN 2 Kota Cilegon

Authors

  • HM Luthfi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Indonesia
  • Hasbullah Hasbullah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Indonesia
  • Amelia Marantika Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Indonesia
  • Umamah Azizah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47200/jnajpm.v10i2.3155

Keywords:

Views, teachers, students, character, fiqh learning

Abstract

The purpose of this descriptive qualitative research is to determine the views of teachers and students on character values ​​through Islamic jurisprudence learning at MTsN 2 Cilegon City. The focus is on the learning activities of Islamic jurisprudence teachers and school programs related to worship by interviewing several teachers, the principal, and students. Teachers and students have a very positive view of Islamic jurisprudence learning at MTsN 2 Cilegon City. In shaping student character, it is marked by students' very polite behavior towards teachers and friends. This success is certainly due to the existence of several programs carried out by Islamic jurisprudence teachers in providing lessons to students. However, from this success, several driving and inhibiting factors were found.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainissyifa, Hilda. 2014. “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan UNIGA 8(1):1–26. doi: 10.52434/jp.v8i1.68.

Ainiyah, Nur. 2013. “Melalui Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Al-Ulum 13(1):25–38.

Ali, Aisyah M. 2018. Pendidikan Karakter: Konsep dan implementasinya. Prenada Media.

Ardiansyah, Risnita, dan M. Syahran Jailani. 2023. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif.” IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam 1(2):1–9. doi: 10.61104/ihsan.v1i2.57.

Aslan. 2022. Pembelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah. Bandung: Feniks Muda Sejahtera.

Azzahra, Aura Aulia, Syahidin Syahidin, dan Nurti Budiyanti. 2024. “Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Fiqih Di Pesantren Miftahul Jannah An-Nuriyyah.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 14(2):413–32. doi: 10.47200/ULUMUDDIN.V14I2.2685.

Bahri, Samsul. 2019. “Urgensi Strategi Pembelajaran Karakter Pada Anak Usia Dini.” As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(2):75–86.

Basrinsyah. 2020. Konsep Pendidikan Karakter Ulul Al-Bab Dalam Al-Qur’an. Guepedia.

Fahira, Zachra, dan Abdul Fattah Nasution. 2024. “Problematika Orang Tua Dalam Penanaman Ibadah Pada Anak Di Kota Medan.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 9(1):21–34. doi: 10.32678/ASSIBYAN.V9I1.9812.

Fatimatuzzahro, Faza, Marselina Ayu Lestari, Fadhila Syarifatun Amirah, Wahyuningsi Wahyuningsi, dan Toto Hermawan. 2024. “Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Pandangan HOS Tjokroaminoto.” Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan 3(1):1–10. doi: 10.47200/awtjhpsa.v3i1.1817.

Helmawati. 2017. Pendidikan Karakter Sehari-hari. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Imroatun, Imroatun, dan Ilzamudin Ilzamudin. 2020. “Sejarah Peristilahan Tarbiyah Dan Taklim Dalam Tinjauan Filsafat Pendidikan Islam.” Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 10(2):163–76. doi: 10.47200/ulumuddin.v10i2.445.

Islami, Azmi. 2025. “Peran Pesantren Darunnajah Jakarta Dalam Pendidikan Karakter Santri Melalui Pembelajaran Bahasa Arab.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 10(1):335–48. doi: 10.47200/jnajpm.v10i1.2914.

Kulsum, Ummi, dan Abdul Muhid. 2022. “Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Digital.” Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 12(2):157–70. doi: 10.33367/ji.v12i2.2287.

Mudaris, Hudan, Umi Musaropah, Agus Suprianto, Anik Widiyastuti, dan Muhammad Nasrudin. 2025. “The Prophet Educates Children Without Violence.” Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan 4(1):71–80. doi: 10.47200/AWTJHPSA.V4I1.2851.

Muhammad, Giantomi, Andewi Suhartini, dan Nurwadjah Ahmad. 2022. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Dalam Menghadapi Era Globalisasi Pada Pondok Pesantren Habiburrahman.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 12(1):41–62. doi: 10.47200/ulumuddin.v12i1.1003.

Mu’minin, Nashrul, Taufik Nugroho, Lely Nur Hidayah Syafitri, dan Muhammad Nur Kholis Al Amin. 2025. “Strategi Branding Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Melalui Konten Kreatif di Platform Sosial Media.” Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan 4(2):185–96. doi: 10.47200/AWTJHPSA.V4I2.2856.

Nasruddin, Muhammad, Fattah S. Santoso, Sobirin Sobirin, dan Agus Suprianto. 2024. “Parenting In Daycare To Strengthen Family Resilience Based On Islamic Law.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 9(2):321–30. doi: 10.32678/ASSIBYAN.V9I2.11071.

Ngaisah, Siti, Imroatun Imroatun, Dede Riska Ramadani, dan Muthmainnah Muthmainnah. 2023. “Keteladanan Guru Dalam Pembiasaan Karakter Sosial Siswa Taman Kanak-Kanak Berciri Islam.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 13(1):151–62. doi: 10.47200/ulumuddin.v13i1.1679.

Nugroho, Taufik, Muhammad Nasrudin, Fadilah Fadilah, Ahmad Reihan Syavicky, dan Yurniati Yurniati. 2024. “Pendampingan Pengembangan Materi Ajar PAI Moderasi Beragama Di TPA Taman Bocah Permata Hati Sleman.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 9(1).

Prastomo, Wiranthi, Muhiyatul Huliyah, Moh. Nasrudin, Intan Kusumawati, Nuryati Nuryati, dan A. N. Ari Bowo. 2019. “Hizbul Wathan Bagi Pendidikan Kemandirian Tingkat Sekolah Dasar.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 4(1):47–62. doi: 10.47200/jnajpm.v4i1.506.

Prihantoro, Agung. 2021. “Kegagalan Pelaksanaan Asesmen Autentik pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Dan Menengah.” Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 11(1):29–54. doi: 10.47200/ulumuddin.v11i1.688.

Prihantoro, Agung. 2025. “Kritik Dan Dukungan Media Massa Terhadap Kebijakan Dan Implementasi Akreditasi Sekolah.” Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan 4(1):57–70. doi: 10.47200/awtjhpsa.v4i1.2782.

Prihantoro, Agung, Fattah Setiawan Santoso, dan Hilman Haroen. 2024. “Penerapan Assessment Of, For Dan As Learning Dalam Perkuliahan Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Indonesia.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 14(1):59–78. doi: 10.47200/ulumuddin.v14i1.2371.

Sa’i, Achmad, dan Rozib Sulistiyo. 2015. “Peranan Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 5(2):9–20.

Subaidi, Mudzakkir Ali, dan Muhammad Nofan Zulfahmi. 2023. Penguatan pendidikan karakter siswa melalui bimbingan tazkiyatun nafs di sekolah PAUD. Unisnu Press.

Sudrajat, Ajat. 2011. “Mengapa Pendidikan Karakter?” Jurnal Pendidikan Karakter 1(1):47–58. doi: 10.21831/jpk.v1i1.1316.

Syafitri, Lely Nur Hidayah, Supriati Hardi Rahayu, Fikie Aliya Tahta Aunillah, dan Muslimah. 2024. “Pelatihan Pendidikan Inklusi Bagi Guru PAI Di MI Al-Islam Giwangan Yogyakarta.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia 3(1):334–39.

Syukur, Taufik Abdillah. 2020. Pembelajaran Fikih. Tangerang Selatan: Patju Kreasi.

Downloads

Published

2025-10-17

How to Cite

Luthfi, HM, Hasbullah Hasbullah, Amelia Marantika, and Umamah Azizah. “Pandangan Guru Dan Siswa Terhadap Nilai-Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Fiqih Di MtsN 2 Kota Cilegon”. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 10, no. 2 (October 17, 2025): 465–474. Accessed December 5, 2025. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/nuansaakademik/article/view/3155.