Pendampingan Dan Permainan Kreatif Guna Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Anak di Panti Asuhan Al Hidayah

Authors

  • Sri Novia Martin Universitas Negeri Padang Padang Indonesia
  • Yerizon Yerizon Universitas Negeri Padang Padang Indonesia
  • Shinta Sari Universitas Negeri Padang Padang Indonesia
  • Nazarlin Nazarlin Universitas Negeri Padang Padang Indonesia
  • Ella Tirta Shalina Universitas Negeri Padang Padang Indonesia
  • Friska Falah Sifa Universitas Negeri Padang Padang Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47200/jnajpm.v10i1.2687

Keywords:

Numeracy literacy, creative games, mentoring

Abstract

Based on the results of PISA, the numeracy literacy ability of Indonesian students is very low. Therefore, efforts are needed to improve numeracy literacy both in formal learning institutions such as schools and in non-formal learning institutions such as tutoring and orphanages. One of the orphanages that is used as a place of service is the Al Hidayah Padang Orphanage. There are various limitations in both facilities, infrastructure and experts (teachers) who can guide/accompany children in the dormitory, causing children's numeracy literacy skills to be still relatively low. In addition, motivation to read and learn mathematics needs to be increased again.  Therefore, the service team seeks to help the foster children of the Al Hidayah Padang Orphanage to be able to improve their numeracy literacy skills through mentoring activities and creative games.

Downloads

References

Ate, Dekriati, and Yulius Keremata Lede. 2022. "Analisis kemampuan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal literasi numerasi." Jurnal Cendekia 6 (1): 472-483.

Direktorat Sekolah Dasar. 2021.”Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar”. Jakarta: Direktorat Jenderal Paud, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah-Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dirjen Paud Dikdas dan Dikmen Kemendikbud. 2021. “Panduan Penguatan Literasi Dan Numerasi Di Sekolah”. In Repostori Kemendikbud. https://lpmpjatim.kemdikbud.go.id/jelita/panduan-penguatan-literasi-dan-numerasi-di-sekolah/

Fahmi, Khairul, Nora Susilawati, and Rahmullaily Rahmullaily.2021: "Menumbuhkembangkan Budaya Literasi Anak Asuh Panti Asuhan Al-Hidayah Kota Padang Melalui Pendampingan dengan Menggunakan Pendekatan Pedagogi." Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 3(2): 166-174.

PUFitriyani, Fitriyani, Houtman Houtman, Suroyo Suroyo, and Yus Alvar Saabighoot. 2023. “Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 8(1):13–24. doi: 10.47200/JNAJPM.V8I1.1349.

Gerakan Literasi Nasional. 2017. “Materi Pendukung Literasi Numerasi”. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hermawan, Toto, Dian Khairiani, Muthmainnah Muthmainnah, Iman Saifullah, and Hasan Bisri. 2024. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah.” Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan 3(2):87–98. doi: 10.47200/awtjhpsa.v3i2.2173.

Idris, Muhamad, Suroyo Suroyo, Yus Alvar Saabighoot, and Houtman Houtman. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 8(1):35–44. doi: 10.47200/JNAJPM.V8I1.1351.

International Association for the Evaluation of Educational Achievement. 2015. “International Mathematics Achievement”. Timss 2015, 2015. http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/timss-2015/mathematics/student-achievement.

Kemendikbud, B. 2019. “Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018”. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021, 1–206. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16742.

Kemendikbud. 2017. “Materi Pendukung Literasi Numerasi”.Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(9), 1–58.

Khakima, Lilis Nurul, Leni Marlina, and Siti Fatimah Az Zahra. 2021. "Penerapan literasi numerasi dalam pembelajaran siswa MI/SD." Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI. Vol. 1.

Mahmud, Muhammad Rifqi, and Inne Marthyane Pratiwi. 2019. "Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur." Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika 4 (1): 69-88.

Musaropah, Umi, Nur Ayu Zita Sari, Toto Hermawan, and Muh Nasruddin. 2022. “Efektivitas Penggunaan Media Permainan Congklak Pada Pembelajaran Operasi Hitung Bagi Siswa Kelas Awal Sekolah Dasar.” Intersections 7(1):11–19. doi: 10.47200/INTERSECTIONS.V7I1.973.

Nastiti, Meiliya Dwi, and Aris Naeni Dwiyanti.2022."Kajian Literatur: Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas." Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV. Vol. 4. No. 1.

Nudiati, Deti, and Elih Sudiapermana. 2020 "Literasi sebagai kecakapan hidup abad 21 pada mahasiswa." Indonesian Journal of Learning Education and Counseling 3 (1): 34-40.

Perdana, Ryzal, and Meidawati Suswandari. 2021. "Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar." Absis: Mathematics Education Journal 3 (1): 9-15.

Sunuyeko, Nurcholis, et al..2022. "Pemanfaatan Pojok Literasi Sekolah dalam Gerakan Literasi Sekolah Dasar Negeri 3 Bandungrejo." ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi 1(2): 160-164.

Wahyuni, Febianti Putri Noor, and Didiek Tranggono. 2023. "Upaya dalam meningkatkan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi siswa melalui program kampus mengajar 4 di SMP Widya Gama Mojosari." Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia 4 (1): 125-133.

Yulis, Ratna. 2023. “Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika Materi Konsep Segi Empat Dan Segitiga Dengan Metode RBL Pada Siswa SMPN 91.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 13(1):31–40. doi: 10.47200/ULUMUDDIN.V13I1.1418.

Yustiara, Dana, Mimin Nurjhani Kusumastuti, and Sendi Ramdhani. 2023. “Pengaruh Model Cooperative Learning Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dan Keaktifan Belajar.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 8(2):519–34. doi: 10.47200/jnajpm.v8i2.2003.

Downloads

Published

2025-03-18

How to Cite

Martin, Sri Novia, Yerizon Yerizon, Shinta Sari, Nazarlin Nazarlin, Ella Tirta Shalina, and Friska Falah Sifa. “Pendampingan Dan Permainan Kreatif Guna Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di Panti Asuhan Al Hidayah”. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 10, no. 1 (March 18, 2025): 223–232. Accessed April 2, 2025. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/nuansaakademik/article/view/2687.