Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Game Interaktif Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Kuantan Sako

Authors

  • Ahmad Mualif Universitas Islam Kuantan Singingi Indonesia
  • Febri Haswan Universitas Islam Kuantan Singingi Indonesia
  • Helpi Nopriandi Universitas Islam Kuantan Singingi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47200/jnajpm.v9i2.2604

Keywords:

Training, Learning Media, Interactive Games, Wordwall, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Interactive learning media is one of the supporting components of learning activities to be more interactive and innovative, digital-based learning in the form of interactive games in the current era is very useful as a support for education, with the existence of interactive game learning media can stimulate children's interest in learning more quickly, therefore it is necessary to increase human resources for teachers of Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kuantan Sako Village to provide insight and understanding in building interactive games using wordwalls. The results of this community service activity are in the form of interactive learning media in the form of games in the form of quizzes, wordsearch, to anagrams, this game can later be used by students at Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kuantan Sako Village with the aim of improving learning in the classroom so that the learning process is not boring and becomes more enjoyable.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abiyus, Wentisasrapita, Ahmad Ade Irwanda, Richa Afriana Munthe, Universitas Lancang Kuning, dan Video Promosi. 2024. “Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Menggunakan Aplikasi Capcut Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Smkn 6 Pekanbaru.” 4(2):249–56.

Al-Hafiz, Febri Haswan; Nofri Wandi. 2017. “Aplikasi game edukasi ilmu pengetahuan alam.” Riau Journal of computer science 1(3):31–40.

Andini, Ayu, Luki Yunita, dan Dedi Irwandi. 2023. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur.” Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia 10(1):11–28. doi: 10.36706/ jppk.v10i1.20211.

Darma Andayani, Dyah, Fhatiah Adiba, Andi Baso Kaswar, dan Andi Akram Nur Risal. 2022. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru.” Jurnal Dedikasi, Vol. 24, No. 1, 2022 (9-14) 24(1):2022.

Hardianto, Roki, Muammar Revnu Ohara, dan Eva Tri Ningsih. 2024. “Workshop Pemograman Python Dasar Kepada Siswa Smkn 6 Pekanbaru.” 4(2):197–204.

Haryanto, Sri, Rani Zahra, Indah Merakati, Said Nuwrun Thasimmim, dan Teguh Arifianto. 2024. “Pembelajaran Berbasis Game: Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Menarik Dengan Teknologi.” Communnity Development Journal 5(1):868–83.

Hendri Adi, Novi, Yera Wahda Wahdi, Muhamad Safi’i, dan Yunesman. 2024. “Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Edpuzzle Bagi Guru-Guru Sekolah Menengah Pertama.” J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service 4(2):238–48. doi: 10.31849/jcoscis.v4i2.21522.

Hermawan, Toto, Dian Khairiani, Muthmainnah Muthmainnah, Iman Saifullah, dan Hasan Bisri. 2024. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah.” Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan 3(2):87–98. doi: 10.47200/awtjhpsa.v3i2.2173.

Idris, Muhamad, Suroyo Suroyo, Yus Alvar Saabighoot, dan Houtman Houtman. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 8(1):35–44. doi: 10.47200/JNAJPM.V8I1.1351.

Lehan, Andriyani Afliyanti Dua, Taty R. Koroh, Netty E. A. Nawa, Martha K. Kota, Sarah Nurhabibah, dan Fembriani Fembriani. 2023. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar.” Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan 3(1):25.

Liskinasih, Ayu, Teguh Sulistyo, dan Maria Purnawati. 2023. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbantuan Canva Bagi Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2):89–95. doi: 10.56393/jpkm.v3i2.1810.

Malewa, Emi Saelan, dan Muh. Al Amin. 2023. “Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Zakat Di Uptd Sd Negeri 65 Barru.” Educandum 9(1):22–30. doi: 10.31969/educandum.v9i1.1050.

Mujiburrohman, Fatma Sukmawati; Uswatun khasanah; Meti Fatimah; Ajib. 2023. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Game Bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah.” Indonesian Journal of Empowerment and Community Services 2(2):54–59.

Ristiawan, Rifki, Nurfidah Dwitiyanti, dan Noni Selvia. 2024. “Pelatihan Wordwall untuk Membuat Games Pembelajaran Interaktif bagi Guru SDN Sukaindah 02 Kab. Bekasi.” Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) 7(2):190. doi: 10.30998/jurnalpkm.v7i2.22144.

Sari, Nenden Mutiara, Poppy Yaniawati, Eka Firmansyah, Melinda Putri Mubarika, Nurani Assegaff, dan Nurul Septiyani Ayu Purwanti. 2023. “Pelatihan pembuatan storyboard dan games interaktif untuk guru dan mahasiswa magister pendidikan matematika.” Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 19(1):153–66. doi: 10.20414/ transformasi.v19i1.6724.

Suryowati, Eny, dan Nurul Aini. 2024. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dengan Wordwall di SDN Jombatan Kesamben.” Jurnal Abdimas Indonesia 4(2):590–96. doi: 10.53769/jai.v4i2.767.

Syahrul, Budiman; Jeni Sukmal; Midrawati Hasibuan; Fauzi Ahmad Syawaluddin; Nursalimah;, dan Rina Asriani Levianti. 2024. “Pelatihan Pembuatan Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bagi Dosen dan Mahasiswa Universitas Al Washliyah Labuhanbatu.” 4(2):215–23.

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Mualif, Ahmad, Febri Haswan, and Helpi Nopriandi. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Game Interaktif Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Kuantan Sako”. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 9, no. 2 (December 3, 2024): 499–510. Accessed December 22, 2024. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/nuansaakademik/article/view/2604.

Issue

Section

Articles