Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa SMK Farmasi Bina Putera Nusantara Mengenai Skincare Melalui Aplikasi Skinowledge

Authors

  • Lusi Nurdianti Universitas Bakti Tunas Husada Tasikmalaya Indonesia
  • Fajar Setiawan Universitas Bakti Tunas Husada Tasikmalaya Indonesia
  • Firdan Gusmara Kusumah Universitas Bakti Tunas Husada Tasikmalaya Indonesia
  • Rani Rubiyanti Politeknik Kesehatan Tasikmalaya Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47200/jnajpm.v9i2.2484

Keywords:

Student knowledge, skincare education , skinnowledge application , skin analysis features , skincare products

Abstract

Penggunaan skincare yang tepat sangat penting untuk kesehatan kulit dan dapat mencegah berbagai masalah kulit. Namun, masih banyak masyarakat yang kurang memahami cara memilih dan menggunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit dan kondisi mereka. Artikel ini membahas manfaat edukasi penggunaan skincare melalui aplikasi Skinowledge, sebuah platform inovatif yang dirancang untuk memberikan informasi yang akurat dan terpercaya mengenai perawatan kulit. Aplikasi ini menyediakan fitur analisis kulit, rekomendasi produk, dan panduan penggunaan yang dipersonalisasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi penyuluhan dan pelatihan penggunaan aplikasi skinowledge dan dievaluasi melalui pre test dan post test. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa aplikasi Skinowledge dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam memilih dan menggunakan produk skincare yang lebih baik. Edukasi berbasis teknologi ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kualitas kesehatan kulit masyarakat secara luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrini, Nita. 2023. “Karakteristik Dan Perawatan Kulit Untuk Orang Asia.” Jurnal Pandu Husada 4(3):14–23.

Balqis, Asyifa Yan, Mally Ghinan Sholih, and Salman. 2022. “Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Skincare Pemutih Wajah Yang Mengandung Merkuri Pada Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8(10):301–9. doi: 10.5281/zenodo.6820141.

Fadila I, Minerva P, Astuti M. 2020. “Hubungan Pengetahuan Kosmetika Dengan Pemilihan Kosmetik Perawatan Kulit Wajah Siswa Kelas XI Jurusan Tata Kecantikan Smk Negeri 7 Padang” J Tata Rias Dan Kecantikan [Internet] 1(2). Available from: http://jitrk.ppj.unp.ac.id/index.php/jitrk Vol.

Hilmi, Indah Laily, Nalisha Putri Rianoor, and Vesara Ardhe Gatera. 2022. “The Correlation Between Knowledge and Attitude Toward the Behavior of Choosing Facial Skincare Through Social Media in One of University in Karawang-West Java’ Students.” Jurnal Farmasi Indonesia 19(2):203–12.

Irawati, Indira, and Laksmi. 2021. “The Representation of Health Literacy Level in Millennial Adolescents Healthy Living Behaviour.” Buletin Al-Turas 27(2):265–82.

Irwanto, and Laurensia Retno Hariatiningsih. 2020. “Penggunaan Skincare Dan Penerapan Konsep Beauty 4.0 Pada Media Sosial (Studi Netnografi Wanita Pengguna Instagram).” Journal Komunikasi 11(2):119–28. doi: 10.31294/jkom.

Karuniawaty A. 2021. “Hubungan Tingkat Pengetahuan Kosmetika dengan Perilaku Menghindari Kosmetika yang Mengandung Rhodamin-B”. J Tata Rias. 11(2):1–12.

Putri S. 2022. “Pengaruh kualitas produk skincare somethinc dan kualitas pelayanan pada store its’gorgeous.co pekanbaru terhadap keputusan pembelian ditinjau dari ekonomi syariah”.

Sari, Ratih Ikha Permata. 2022. “FDI Dan Inflasi Memengaruhi Pertumbuhan Industri Kosmetik Di Indonesia.” Journal of Applied Business and Economic (JABE) 8(4):451–61.

Syauki, Wifka Rahma, and Diyah Ayu Amalia Alvina. 2020. “Persepsi Dan Preferensi Penggunaan Skincare Pada Perempuan Milenial Dalam Perspektif Komunikasi Pemasaran.” Jurnal Manajemen Komunikasi 4(2):42–60.

Nahai, F., Miotto GC. 2020. “Soft tissue assessment, optimization, and planning. In: Aesthetic Surgery of the Facial Skeleton”. Elsevier; p. 354–62.

Notoadmodjo, S. 2014. “lmu Perilaku Kesehatan”. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurfadhilah Pratiwi, Andi Asrina, Chaeruddin Hasan. 2023. “ Hubungan Pengetahuan Dengan Pemilihan Skincare Pada Remaja Putri Di Smpn 1 Awangpone,” Window of Public Health Journal,Vol.4 No. 4 :630-637.

Truswell, WH. 2020. “Prescription Skin Care Products and Skin Rejuvenation”. Facial Plast Surg Clin North Am [Internet]. 28(1):59–65.Available from: https://doi.org/10.1016/j.fsc.2019.09.005

Zuo, Zhihong, Ben Wang, Minxue Shen, Hongfu Xie, Ji Li, Xiang Chen, and Yiya Zhang. 2020. “Skincare Habits and Rosacea in 3,439 Chinese Adolescents: A University-Based Cross-Sectional Study.” Acta Dermato-Venereologica 100(6):1–5. doi: 10.2340/00015555-3442.

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Nurdianti, Lusi, Fajar Setiawan, Firdan Gusmara Kusumah, and Rani Rubiyanti. “Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa SMK Farmasi Bina Putera Nusantara Mengenai Skincare Melalui Aplikasi Skinowledge ”. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 9, no. 2 (August 29, 2024): 361–370. Accessed December 4, 2024. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/nuansaakademik/article/view/2484.

Issue

Section

Articles