Memutus Rantai Kekecewaan Karir: Mencegah Ketidaksesuaian Jurusan Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.47200/jnajpm.v9i2.2479Keywords:
talent interest assessment, choice of major, counseling, vocational school studentsAbstract
Ketidaksesuaian jurusan terbukti membawa dampak negatif seperti ketidakpuasan akademik, penurunan motivasi, dan kesejahteraan psikologis yang rendah pada siswa. Salah satu cara untuk mencegah adalah melalui asesmen bakat minat. Tujuan kegiatan untuk memetakan bakat dan minat siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Muhammadiyah K berjumlah 37 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu Intelligence Structure Test (IST) dan Rothwell Miller Interest Blank (RMIB). Hasil psikotes diskor, diinterpretasi, dan direkap dalam format excell yang disertai dengan rekomendasi jurusan serta saran tindak lanjut. Hasil analisis data menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki IQ pada kategori dull normal (rentang IQ 80-90), mayoritas cara berpikir yang dimiliki siswa adalah fleksibel dan seimbang, masing-masing 48%. Siswa yang memiliki ketidaksesuaian antara bakat dan minat hanya 16%, namun ketidaksesuaian antara minat kerja dan jurusan di SMK sebesar 47%. Terdapat 3 jenis rekomendasi yang diberikan dari kegiatan ini, yaitu melanjutkan studi ke jenjang S1; melanjutkan ke jenjang D3/wirausaha; dan bekerja di bawah supervisi untuk siswa dengan IQ kurang dari 80. Hasil kegiatan ini dapat ditindaklanjuti oleh siswa dalam memilih jalur karir setelah lulus, sekolah untuk menetapkan kebijakan dalam seleksi dan penempatan siswa baru, dan guru BK untuk menyusun program konseling dan psikoedukasi.
Downloads
References
Andina, E. 2020. Exploration of readers’ attitudes towards the discourse of the four-year vocational education program policy. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 11(2), 135–155. https://doi.org/10.22212/ aspirasi.v11i2.1744
Azhenov, A., Kudysheva, A., Fominykh, N., & Tulekova, G. 2023. Career decision-making readiness among students’ in the system of higher education: Career course intervention. Frontiers in Education, 8(1097993), 1–12. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1097993
Azman, A., Ambiyar, Simatupang, W., Karudin, A., & Dakhi, O. 2020. Link and Match Policy in Vocational Education to Address the Problem of Enemployment. International Journal of Multi Science, 1(6), 76–85. https://www.multisciencejourn al.com/index.php/ijm/article/vi ew/78
Cahyanti, S. D., Indriayu, M., & Sudarno. 2018. Implementasi program link and match dengan dunia usaha dan dunia Industri pada lulusan pemasaran SMK Negeri 1 Surakarta. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4(1), 1–22. https://doi.org/10.20961/bise.v4i1.20028.
Cattell, R. B. 1971. Intelligence: Its Structure, Growth and Action.
Farell, Geovanne, Cho Nwe Zin Latt, Nizwardi Jalinus, Asmar Yulastri, dan Rido Wahyudi. 2024. “Analysis of Job Recommendations in Vocational Education Using the Intelligent Job Matching Model.” International Journal on Informatics Visualization 8(1):361–67. doi: 10.62527/joiv.8.1.2201.
Fadilla, Annisa Rizky, Suhardi Suhardi, dan Sudiati Sudiati. 2023. “Implementasi Penilaian Autentik Bahasa Indonesia Bermuatan Literasi Digital-Industri Di SMK Dalam Paradigma Kebijakan Edukasi 5.0.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 8(2):277–98. doi: 10.47200/jnajpm.v8i2.1681.
Fuadi, Sukmanil. 2023. “Peningkatan Kompetensi Guru Membangun Budaya Literasi Melalui Pembinaan Profesional Dengan Pendekatan Kooperatif Di SMKN 1 Almubarkeya Ingin Jaya.” Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan 2(2):125–38. doi: 10.47200/AWTJHPSA.V2I2.1575.
Gottfredson, Linda S. 1997. “Why g matters: The complexity of everyday life.” Intelligence 24 1 SPEC.ISS:79–132. doi: 10.1016/s0160-2896(97)90014-3.
Gunatirin, E. Y. 2020. Tes Rothwell Miller Interest Blank. Diakses dari https://repository.ubaya.ac.id/38086/1/Test%20inventory%20Rothwell-Miller%20(RMIB).pdf
Hidayat, L. N. 2014. Metode topsis untuk membantu pemilihan jurusan pada sekolah menengah atas. Program Studi Informatika/Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Intani, F. S., & Surjaningrum, E. R. 2010. Coping strategy pada mahasiswa salah jurusan. INSAN: Media Psikologi, 12(2), 119–126.
Irawan, Muhammad Dedi, dan Herviana Herviana. 2019. Implementasi Logika Fuzzy Dalam Menentukan Jurusan Bagi Siswa Baru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Air Putih. Jurnal Teknologi Informasi, 2(2):129. doi: 10.36294/jurti.v2i2.427.
kemdikbud.go.id. 2017. Kemenperin transformasi pendidikan kejuruan sesuai kebutuhan dunia industri. https://www.kemdikbud.go.id/main/ blog/2017/ 07/kemenperin-transformasi-pendidikan-kejuruan-sesuai-kebutuhan-dunia-industri
Mursi, F. (2024). The experiences of students who choose the wrong major. Tadangate Journal of Educational Research, 1(1), 1–10.
Nasution, F.A dan Syafira, N. 2022. Gambaran Tingkat Daya Ingat Berdasarkan Tes IST pada Mahasiswa Psikologi Universitas Potensi Utama Medan. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Kesehatan, 1(1), 229–244. https://doi.org/10.55606/jurrikes.v1i1.2189
Nopita, D., Mulyani, N. S., & Lizia, A. 2024. Konsep Dasar Tes Rmib Dan Keterkaitannya Dalam Pemilihan Jurusan Pendidikan Lanjutan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(2), 337-345. DOI: https://doi.org/10.62017/jppi.v1i2.594
Nurdin, Andi Ardiansyah, Ahmad, dan Kurniati Zainuddin. 2016. “Psychological Well-Being ditinjau dari Coping Strategy Mahasiswa Salah Jurusan.” Universitas Negeri Makassar 1–11.
Ohara, E., Harto, S. P., & Maruanaya, R. F. 2020. Policy shift to reduce unemployment of vocational secondary school graduates in Indonesia (A National Study). Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 26(2), 129–139. https://doi.org/10.21831/jptk.v26i2.33144.
Peng, Peng, dan Rogier A. Kievit. 2020. “The Development of Academic Achievement and Cognitive Abilities: A Bidirectional Perspective.” Child Development Perspectives 14(1):15–20. doi: 10.1111/cdep.12352.
Pertiwi, Y. W., Arumi, M. S., Nasir, N., Gina, F., Adetya, S., & Muzzamil, F. 2023. Buku Ajar Pemeriksaan Psikologi Tes Bakat, Minat dan Intelegensi. Eureka Media Askara.
Quílez-Robres, Alberto, Pablo Usán, Raquel Lozano-Blasco, dan Carlos Salavera. 2023. “Emotional intelligence and academic performance: A systematic review and meta-analysis.” Thinking Skills and Creativity 49(July). doi: 10.1016/j.tsc.2023.101355.
Rahman, A., Zebua, W. D. A., Satispi, E., & Kusuma, A. A. 2022. Formulasi kebijakan program sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan (SMK PK) di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8.
Rajagukguk, F. H., Kisno, K., & Weisdiyanti, N. 2023. Meningkatkan keterserapan lulusan SMK dalam DUDIKA: Suatu risalah kebijakan. Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan, 1(1), 108–113.
Roebianto, A., Guntur, I., & Lie, D. (2021). Pengembangan tes minat Holland untuk pemetaan jurusan pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 10(1), 33-47. DOI: https://doi.org/10.30996/persona.v10i1.4622
Rini, M. S., Mz, I., & Erawati, D. 2021. Minat Remaja Ditinjau dari Tes Minat Rothwell Miller Interest Blank (RMIB) di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Kota Palangka Raya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 7(2), 79-85. DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v7i2.5669
Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI No. 78. Sekretariat Negara. Jakarta.
Wijayanto, Pikir Wisnu, dan Mutia Qana’a. 2023. “Orientasi Studi Lanjut dan Karir Setelah Lulus Menggunakan Alat Ukur Tes Karir Online Bagi Siswa Kelas XII SMK Plus Al-Aitaam Bandung.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 8(1):75–88. doi: 10.47200/JNAJPM.V8I1.1505.
Urbina, S. 2014. Essentials of psychological testing. John Wiley & Sons.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wisnu Sri Hertinjung, Rizki Zulfa Qotrunnada, Septian Wahyu Rahmanto; Ihza Risqi Praditya, Alfian Faqih Ajiputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.