Analisis Penerapan Kepemimpinan Kepala Madrasah Terintegrasi Nilai-Nilai Religius di Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Ahmad Nasir Ari Bowo Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Indonesia
  • Ahmad Syafii Rahman Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Indonesia
  • Supriati Hardi Rahayu Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Indonesia
  • Alfi Mamla’atul Musaadah Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Indonesia
  • Busthomi Ibrohim Universiti Sains Islam Malaysia
Keywords: Leadership, Headmaster, Religious Value

Abstract

The background of this research is learning problems, low teacher performance, character, work programs are not implemented properly due to the less than optimal leadership of the principal. The formulation of the problem in this study is how is the leadership of the islamic schools head integrated with religious values? The purpose of this research is to describe and find the leadership of principals who are integrated with religious values. This study uses a qualitative method of multiple case study types. The research locations were Madrasah Aliyah Madania and Salaffiyah Islamic Boarding School Fadlun Minalloh D.I. Yogyakarta. Data sources include: Headmaster, Madrasah, Deputy Headmaster, and Teachers. Data collection techniques include: in-depth interviews, observation, and documentation studies. The results: the application of integrated leadership to religious values includes: Deliberation, effective communication, collaboration, cooperation, honesty, responsibility, trustworthiness, strategic thinking. Headmaster need to implement planning, organizing, implementing and monitoring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asterina, Sukoco Fitri. 2019. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 7(2):208–19.

Bunyamin. 2017. “Konsepsi Musyawarah dalam Al Qur’an: Analisis Fiqh Siyasah terhadap QS Al-Naml/27: 29-35.” Al- ’Adl 10(1):29–35.

Dwi, A. Jean, Ritia Sari, dan Muhammad Giatman. 2021. “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 5(3):329–33.

Dwi Mulyatno, Ahmad, Arif Triwinarso, dan Taufik Nugroho. 2023. “Pendidikan Pancasila bagi Penguatan Kebangsaan terhadap Dampak Globalisasi.” Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan 2(2):189–200. doi: 10.47200/AWTJHPSA.V2I2.1757.

Fatimatuzzahro, Faza, Marselina Ayu Lestari, Fadhila Syarifatun Amirah, Wahyuningsi Wahyuningsi, dan Toto Hermawan. 2024. “Pendidikan Karakter Bangsa dalam Pandangan HOS Tjokroaminoto.” Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan 3(1):1–10. doi: 10.47200/AWTJHPSA.V3I1.1817.

Iskandar, Amin. 2019. “Hikmah Dibalik Perjanjian Hudaibiyah.” Jurnal Studi Hadis Nusantara 1(1). doi: 10.24235/jshn.v1i1.5745.

Jakaria Umro. 2018. “Penanaman Nilai-Nilai Religius di Sekolah yang Berbasis Multikultural.” Jurnal Al-Makrifat 3(2):153–54.

Julaiha, Siti. 2019. “Konsep kepemimpinan kepala sekolah.” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 6(3):51–62.

Kasmawati, Yuni. 2021. “Kepemimpinan Kolaboratif : Sebuah Bentuk Kepemimpinan Untuk Sekolah.” Equilibrium: Jurnal Pendidikan 9(2):197–207. doi: 10.26618/equilibrium.v9i2.5120.

Kuliyatun, Kuliyatun. 2020. “Penanaman Nilai-Nilai Religius Pada Pesrta Didik Di Sma Muhammadiyah 01 Metro Lampung.” At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam 3(2):180. doi: 10.24127/att.v3i2.1126.

Kurniawan, Mochamad Azis, A. Y. Soegeng Ysh, dan Filia Prima Artharina. 2021. “Penerapan Nilai-Nilai Religius Dalam Pembentukan Karakter Siswa.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah 2(2):197–204.

Kusumawati, Intan, Ahmad Nasir Ari Bowo, dan Joko Wahono. 2021. “Model Pembelajaran PPKn Melalui Pendekatan Komprehensif.” Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan) 2(1):24. doi: 10.26418/jppkn.v2i1.43556.

Manan, Abd. Latif, Sodiq A. Kuntoro, dan Ajat Sudrajat. 2018. “Penanaman nilai-nilai religius di madrasah aliyah Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur Nusa Tenggara Barat.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi 5(2):210. doi: 10.21831/jppfa.v5i2.16898.

Minsih, Minsih, Rusnilawati Rusnilawati, dan Imam Mujahid. 2019. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar.” Profesi Pendidikan Dasar 1(1):29–40. doi: 10.23917/ppd.v1i1.8467.

Nadjih, Difla, Ahmad Nasir Ari Bowo, Salamudin Salamudin, Candra Audy, Riduan Harahap, Siti Utami, Reni Indrayani, Firman Saleh, Saidi Yako, Suhaimi Suhaimi, dan Sayuti Sayuti. 2020. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Religius Murid Di MTs Nurul Ummah.” Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 10(1):59–70. doi: 10.47200/ulumuddin.v10i1.338.

Nasir, Ahmad, Ari Bowo, Muhammad Teguh Saputra, Bernard Richard Nainggolan, Dessy Dwitalia Sari, dan Widya Tri Utomo. 2021. Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Galiono Digdaya Kawthar.

Ngaisah, Siti, imroatun Imroatun, Dede Riska Ramadani, dan Muthmainnah Muthmainnah. 2023. “Keteladanan Guru Dalam Pembiasaan Karakter Sosial Siswa Taman Kanak-Kanak Berciri Islam.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 13(1):151–62. doi: 10.47200/ULUMUDDIN.V13I1.1679.

Numan, Ah Zanin, Adnan Miftakhur Rosyid, Andi Kustowo, Hakiman Hakiman, Suluri Suluri, dan Noor Alwiyah. 2022. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Materi Jual Beli Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 7(2):383–96. doi: 10.47200/JNAJPM.V7I2.2321.

Nurani, Rizka Tri, dan Alit Sarino. 2017. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 2(1):298. doi: 10.17509/jpm.v2i1.14613.

Nurfajriah syifa, Prihatini, Kuswanto. 2021. “Pengeolaan Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar.” Kependidikan Dasar 11:138.

Nuryati, Nuryati, Ahmad Nasir Ari Bowo, dan Paiman Paiman. 2021. “Development of literacy-based learning for Pancasila and citizenship education in senior high school.” International Journal on Education Insight 2(1):1. doi: 10.12928/ijei.v2i1.3003.

Prastomo, Wiranthi, Muhiyatul Huliyah, Moh. Nasrudin, Intan Kusumawati, Nuryati Nuryati, dan A. N. Ari Bowo. 2019. “Hizbul Wathan Bagi Pendidikan Kemandirian Tingkat Sekolah Dasar.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 4(1):47–62. doi: 10.47200/jnajpm.v4i1.506.

Pridayanti, Enok Anggi, Ani Nurani Andrasari, dan Yeni Dwi Kurino. 2022. “Urgensi Penguatan Nilai-Nilai Religius Terhadap Karakter Anak.” Journal of nnovation in Primary Education 1(1):40–47.

Rotama, Angga Dian, Tri Wahyu Budiutomo, dan Ahmad Nasir Ari Bowo. 2020. “Analisis Butir Soal Penilaian Tengah Semester Mata Pelajaran PPKN Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta.” Academy of Education Journal 11(01):24–35. doi: 10.47200/aoej.v11i01.314.

Santoso, Fattah Setiawan, Muhammad Nasruddin, Siswadi Siswadi, Imroatun Imroatun, dan Maftukhatusolikhah Maftukhatusolikhah. 2022. “Implementasi Pendidikan Kemandirian Di Pesantren Mahasiswa Garawiksa Yogyakarta.” Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan 1(1):91–106. doi: 10.47200/AWTJHPSA.V1I1.1409.

Setiyadi, Bradley, dan Viona Rosalina. 2021. “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan 2(1):75–84. doi: 10.51276/edu.v2i1.81.

Sri Nanti, Leni Suryanti, Muharnis, Demina. 2022. “Komunikasi Efektif Kepala Sekolah sebagai Upaya untuk Menumbuhkan Motivasi Kerja Guru.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(2):14432–37.

Wahono, Joko, Intan Kusumawati, dan Ahmad Nasir Ari Bowo. 2021. “Developing Pancasila and Citizenship Education Learning Model Based on Character Education Through Comprehensive Approach.” International Journal of Educational Management and Innovation 2(2):228. doi: 10.12928/ijemi.v2i2.3239.

Yayuk, Sri, dan Sugiyono Sugiyono. 2019. “Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan biaya pendidikan terhadap kualitas proses belajar mengajar dan dampaknya dengan kompetensi lulusan SMK di Kabupaten Gunungkidul.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 7(1):84–96. doi: 10.21831/amp.v7i1.23758.

Published
2023-10-20
How to Cite
Bowo, Ahmad, Ahmad Rahman, Supriati Rahayu, Alfi Musaadah, and Busthomi Ibrohim. “Analisis Penerapan Kepemimpinan Kepala Madrasah Terintegrasi Nilai-Nilai Religius Di Daerah Istimewa Yogyakarta”. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 8, no. 2 (October 20, 2023): 567 - 582. Accessed April 29, 2024. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/nuansaakademik/article/view/1863.
Section
Articles