Perspektif dan Dukungan Masyarakat Terhadap Rencana Pendirian Perguruan Tinggi Baru di Wilayah Penyangga IKN Nusantara

Keywords: Buffer zone of the state capital, community, establishment, higher education

Abstract

Transfer of IKN to East Kalimantan will be both an opportunity and  challenge, especially the needs of new tertiary institutions in IKN supporting areas. This study aims to determine the perspective and support of the community towards the plan to establish a higher education institution in the archipelago's IKN buffer zone. This research uses a quantitative descriptive method with the population is Samarinda City residents of 825,494 people with a sample size of 400 people selected by Proportional Random Sampling. The data collected was then processed and analyzed descriptively in the form of frequency distribution tables and graphs accompanied by narration. The results of the study show that most of the people of Samarinda City have a positive perspective and support the plan to establish a new higher education institution in the IKN Nusantara buffer zone located in Samarinda City. Therefore, Mulawarman University and its formation team need to prepare strategic steps that are considered important and prioritized regarding the plan to establish Nusantara State University.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfin, Miftachul, dan Fattah Setiawan Santoso. 2013. “Strategi Pengembangan Perguruan Tinggi Agama Islam Sebagai Organisasi Pembelajaran.” Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 3(2):54–67.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiutomo, Triwahyu, Anggar Kaswati, Imroatun Imroatun, Moh. Nasruddin, dan Zainul Arifin. 2022. “Pendidikan Kebangsaan pada Masjid Kampus Di Perguruan Tinggi Yogyakarta.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 7(1):99 – 114–99 – 114. doi: 10.47200/jnajpm.v7i1.1157.

Fauroni, Lukman, M. Rusydi, Maftukhatusolikhah Maftukhatusolikhah, dan Nur Mukhlis Zakaria. 2019. “Pengembangan Wawasan Islam Kebangsaan Mahasiswa Melalui Konseling Sebaya di Masjid Kampus.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 4(2):105–16. doi: 10.47200/jnajpm.v4i2.558.

Fristikawati, Yanti, Rainer Alvander, dan Verrence Wibowo. 2022. “Pengaturan dan Penerapan Sustainable Development Pada Pembangunan Ibukota Negara Nusantara.” Jurnal Komunitas Yustisia 5(2):739–49.

Gella, Donita Geraldine, dan Christantius Dwiatmadja. 2022. “Analisis Kesiapan Masyarakat Terhadap Implementasi Program Smart City Kota Kupang.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 7(2):327–40. doi: 10.47200/jnajpm.v7i2.1333.

Ifnaldi. 2022. “Perspektif Pendiri dan Respons Masyarakat Dalam Pendirian Sekolah Islam Terpadu.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 7(2):193–206. doi: 10.29240/belajea.v7v2.2126.

Kaehe, Diradimalata, Joorie M. Ruru, dan Welson Y. Rompas. 2019. “Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan di Kampung Pintareng Kecamatan Tabukan Selatan Tenggara.” Jurnal Administrasi Publik 5(80):14–24.

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI. 2021. “Jumlah Perguruan Tinggi, Tenaga Pendidik dan Mahasiswa (Negeri dan Swasta) di Bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Menurut Provinsi.” bps.go.id.

Maisah, Maisah, Hairul Fauzi, Iwan Aprianto, A. Amiruddin, dan Z. Zulqarnain. 2020. “Strategi Pengembangan Mutu Perguruan Tinggi.” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 1(5):416–24. doi: https://doi.org/10.31933/jimt.v1i5.202.

Marlina, Neny. 2019. “Kemandirian Masyarakat Desa Wisata Dalam Perspektif Community Based Tourism: Studi Kasus Desa Ketengger, Kabupaten Banyumas.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan 4(1):17. doi: 10.14710/jiip.v4i1.4735.

Marta, M. Sandi, Dewi Kurniasari, dan Dedeh Kurniasari. 2019. “Interaksi Dukungan Sosial Pada Hubungan Pendidikan Wirausaha, Efikasi Diri dan Niat Berwirausaha.” BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis 4(1):16–26. doi: https://doi.org/10.23917/benefit.v4i1.7113.

Musaropah, Umi, Muhamad Mahali, Daluti Delimanugari, Agus Suprianto, dan Taufik Nugroho. 2020. “Internalisasi Nilai Luhur Ahlu Sunnah wal Jama’ah Bagi Pengembangan Karakter kebangsaan Di Perguruan Tinggi.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 5(2):89–102.

Nugroho, Doni. 2022. “The Indonesian Journal of Politics and Policy Bentuk Ibu Kota Negara Nusantara Dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.” The Indonesian Journal of Politics and Policy 4(1):53–62.

Nurhayati, Ria. 2020. “Analisis SWOT Pelaksanaan Perkuliahan Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 di STAI Yogyakarta.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 5(1):63–72. doi: 10.47200/jnajpm.v5i1.916.

Nurhermaya, Asterina, dan Marisa Sugangga. 2021. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapat Pemindahan Ibu Kota Jawa Barat.” Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia 10(3):123–31. doi: 10.32315/jlbi.v10i03.51.

Pemerintah Kota Samarinda. 2021. Buku Profil Daerah Kota Samarinda 2021. Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda.

Presiden RI. 2012. “UU RI No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi.” Undang-Undang 1–97.

Putra, Komang Satria Wibawa. 2020. “Legalitas Pemerintah Daerah Dalam Memberikan Bantuan Dana Kepada Perguruan Tinggi di Indonesia.” Kertha Wicaksana 14(2):103–9. doi: 10.22225/KW.14.2.2020.103-109.

Ridhuan, Syamsu. 2018. “Enam Watak Manusia Indonesia dalam Perspektif Bela Negara, Konflik Sosial dan Pembangunan Masyarakat.” Sendi_U 4:978–79.

Santoso, Fattah Setiawan. 2020. “Masa Depan Pendidikan Hukum Islam Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Refleksi Pembelajaran Di Masa Kedaruratan COVID-19.” Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 10(1):13–26. doi: 10.47200/ulumuddin.v10i1.378.

Simatupang, Elizabeth, dan Indrawati Yuhertiana. 2021. “Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran Pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur.” Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi 2(2):30–38.

Supratman, Bawa, Fatah Nashir, Ahmad Syafi’i Rahman, Zainul Arifin, dan Cipto Sembodo. 2019. “Pelaksanaan Jaring Aspirasi Sebagai Komunikasi Publik Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 4(1):1–16. doi: 10.47200/jnajpm.v4i1.501.

Yanuarsari, Revita, Iwan Asmadi, Hendi Suhendraya Muchtar, dan Rita Sulastini. 2021. “Peran Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Meningkatkan Kemandirian Desa.” Jurnal Basicedu 5(6):6307–17.

Yohan, Yohan. 2019. “Dinamika Perguruan Tinggi Nusantara di Tengah Arus Ekspansi Pendidikan Tinggi Global.” Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan 2(1):46–69. doi: 10.32923/kjmp.v2i1.981.

Published
2023-08-07
How to Cite
Abu, Ilham, and Muhammad Sultan. “Perspektif Dan Dukungan Masyarakat Terhadap Rencana Pendirian Perguruan Tinggi Baru Di Wilayah Penyangga IKN Nusantara”. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 8, no. 2 (August 7, 2023): 393 - 408. Accessed July 23, 2024. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/nuansaakademik/article/view/1700.
Section
Articles