Pengaruh Model Problem Based Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar

  • Elsa Triandika Universitas Terbuka Indonesia
  • Amprasto Amprasto Universitas Pendidikan Indonesia
  • Maman Rumanta Universitas Terbuka Indonesia
Keywords: problem based learning, learning media, learning motivation, critical thinking skills

Abstract

The aim of the study was to analyze the effect of the PBL model and learning motivation on students' critical thinking skills in science subject class V, Daru I public elementary school, Tangerang district. Quasi-experimental type of research with 2x2 factorial design. The study population consisted of a sample of 110 students and 76 students sampled using purposive sampling techniques. Research instruments use questionnaires and tests. Data analysis with Two Way Anova using SPPS 22.00 for windows.  Hypothesis test result data for the influence of learning models with sig=0.043 values < 0.05 dan F values count 4.226 > 3.873 F table. For student learning motivation sig=0.000 < 0.05 dan F  value calculate 190.235 > 3.873 F table. And for the influence of the PBL model with learning motivation sig=0.017 value < 0.05 dan  F value count 6.020 > 3.873 F table. The results of the analysis show the impact of the PBL model and student motivation on the critical thinking skills of science students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggorowati, Yuratin Dewi. 2023. “Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris.” Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan 2(1):69–82. doi: 10.47200/AWTJHPSA.V2I1.1376.

Arifin, S. 2021. Model PBL (Problem Based Learning) Berbasis Kognitif dalam Pembelajaran Matematika. Indramayu: Penerbit Adab.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: CV. Raja Grafindo Persada.

Devi, P. S., dan G. W. Bayu. 2020. “Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual.” Mimbar PGSD Undiksha 8(2):238–252.

Hasnida. 2015. Media Pembelajaran Kreatif (Mendukung Pengajaran pada Anak Usia Dini. Jakarta Timur: PT Luxima Metro Media.

Maulana. 2017. Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Mudlofir, A., dan E. F. Rusydiyah. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif dan Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nanang, H. M., dan Parmin. 2022. “Development of PBL (Problem Based Learning) Model-Based Learning Video on Problem Solving Ability and Motivation in Students.” Jurnal Penelitian Pendidikan 39(2):51–56.

Nasruddin, Muhammad, Fattah S. Santoso, Triwahyu Budiutomo, dan Anggar Kaswati. 2022. “Arah Baru Kajian Pendidikan Sejarah Kebudayaan Islam Dari Muhammad Abid Jabiri.” Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 12(2):227–46. doi: 10.47200/ULUMUDDIN.V12I2.1283.

Nurhayati, Ria. 2020. “Analisis SWOT Pelaksanaan Perkuliahan Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 di STAI Yogyakarta.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 5(1):63–72. doi: 10.47200/jnajpm.v5i1.916.

Pribadi, B. A. 2019. Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Purwandari, A., dan D. T. Wahyuningtyas. 2017. “Eksperimen Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Keranjang Biji-Bijian terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian dan Pembagian Siswa Kelas II SDN Saptorenggo 02.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 1(3):163–170.

Puspitasari, D. B. 2012. “Hubungan Antara Persepsi terhadap Iklim Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bancak.” EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi 1(1):59–67.

Putra, Aji Permana. 2021. “Efektifitas Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19, Metode Dan Evaluasi.” Intersections 6(1):13–22.

Rahmawati, Arum Yuli Dwi, Muhammad Nasruddin, dan Imroatun Imroatun. 2020. “Peran Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Di Wilayah Pesisir Utara Pulau Jawa.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 5(1):1–12. doi: 10.47200/jnajpm.v5i1.417.

Sadiman, Arief S., R. Rahardjo, Anung Haryono, dan Harjito. 2018. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Santoso, Fattah Setiawan. 2020. “Masa Depan Pendidikan Hukum Islam Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Refleksi Pembelajaran Di Masa Kedaruratan COVID-19.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 10(1):13–26. doi: 10.47200/ulumuddin.v10i1.378.

Santrock, J. W. 2011. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua Terjemahan Tri Wibowo. Jakarta: Kenana.

Sastramiharja, Ucu Sumardi, Lukas Nathanael, Reinada Witri Permata Sari, dan Fhida Kusriani. 2020. “Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik.” Edutech 20(1).

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Yudianto, A. 2017. “Penerapan Video sebagai Media Pembelajaran.” Hal. 234–37 in Seminar Nasional Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan.

Published
2023-04-13
How to Cite
Triandika, Elsa, Amprasto Amprasto, and Maman Rumanta. “Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar”. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 8, no. 1 (April 13, 2023): 175 - 188. Accessed February 23, 2024. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/nuansaakademik/article/view/1644.
Section
Articles