Pendampingan Penyusunan Soal Evaluasi Pembelajaran Berbasis Digital Bagi Para Guru Madrasah Aliyah Islamiah Malo Bojonegoro

  • Hamidatun Nihayah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro Indonesia
  • M. Romadlon Habibullah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro Indonesia
Keywords: Evaluation Questions, Learning, Digital, Teacher

Abstract

Madrasah Aliyah Malo, Bojonegoro Regency, the media used in learning and evaluation are still relatively difficult for students to focus on learning. Included here are PAI subjects. This school has an adequate computer laboratory. Also, teachers and their students have smartphones that are no less sophisticated to be used as learning media. It's just that they have not been able to optimize these facilities. So the first problem can be formulated: how to understand teachers about optimizing ICT for learning in schools and secondly, how to grow teacher skills in optimizing the creation of digital-based learning evaluation questions. The method applied uses the Asset Based Community Development (ABCD) approach. The result of the implementation of this training and mentoring is that teachers have digital skills and knowledge and there is a significant change in the seriousness and understanding of students in participating in learning. As a suggestion of this training be used and practiced in learning to improve student understanding.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arofik, Slamet, Misbahul Abdul Basith Fitri, Muchammad Nadhif, dan Afiful Huda. 2018. “Pendampingan Peran dan Potensi Keagamaan, Sosial, dan Ekonomi di Dusun Karangsemi Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk.” Jurnal Pengabdian Masyarakat (JANAKA) 1(1).

Elyas Putri, Egidya, dan Jufri Saleh, Nurming. 2021. “Media Pembelajaran Word Wall dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman.” Phonologie: Journal of Language and Literature 2(1).

Habibullah, M. Romadlon. 2021. “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Kerajinan Rajut Desa Sumberejo Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro.” Mafaza : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1). doi: 10.32665/mafaza.v1i1.266.

Latiana, Lita. 2019. “Peran Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik.” Edukasi, UNNES 13:1–2.

Nihayah, Hamidatun. 2019. “Analisis Hasil Belajar (Munaqosah) Santri Taman Pendidikan Al Qur`an.” Al-Wijdan: Journal of Islamic Education Studies 4(1). doi: 10.33379/alwijdn.v4i1.306.

Nihayah, Hamidatun. 2020. “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung (Janggel) Menjadi Jamur Janggel di Desa Sedeng.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1).

Nursamsu, Nursamsu, dan Teuku Kusnafizal. 2017. “Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT Sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa Di SMP Negeri Aceh Tamiang.” Jurnal IPA & Pembelajaran IPA 1(2). doi: 10.24815/jipi.v1i2.9691.

Prihantoro, Agung. 2022. “Model Assessment of, for dan as Learning Terpadu dalam Mata Kuliah Reading Bahasa Inggris.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 7(2):157–70. doi: 10.47200/jnajpm.v7i2.1155.

Rahmawati, Arum Yuli Dwi, Muhammad Nasruddin, dan Imroatun Imroatun. 2020. “Peran Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Di Wilayah Pesisir Utara Pulau Jawa.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 5(1):1–12. doi: 10.47200/jnajpm.v5i1.417.

Rulviana, Vivi. 2019. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT.” Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Samsudin, Samsudin, Muhammad Dedi Irawan, dan Ahmad Hariandy Harahap. 2019. “Mobile App Education Gangguan Pencernaan Manusia Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Animate CC.” Jurnal Teknologi Informasi 3(2):45. doi: 10.36294/jurti.v3i2.1009.

Sarnoto, Ahmad Zain, dan Nur Fadhliyah. 2022. “Kompetensi Sosial Pendidik Dalam Perspektif Al-Quran.” Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 12(2):305–22. doi: 10.47200/ULUMUDDIN.V12I2.1426.

Sujana, I. Wayan Cong. 2019. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4(1):37. doi: 10.25078/aw.v4i1.927.

Sujiati. 2021. “Proposal PKM Pelatihan Media Pembelajaran Online Untuk Pembelajaran Bahasa Bagi Guru Bagi Guru TK Mentari Dan Guru Paud Pelangi.” Abatasa 2(1):34.

Umbara, Uba, Abdul Rosyid, dan Dena Latif Setiawan. 2019. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Flash Menggunakan Adobe Animate bagi Guru SMP di Kabupaten Kuningan.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 4(1):25. doi: 10.30653/002.201941.84.

Wulandari, Ratna Wahyu, dan Novi Maryani. 2020. “Peningkatan Keterampilan Guru Sma Terbuka Melalui Pelatihan Pembuatan E-Media.” Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat 6(1):39. doi: 10.30997/qh.v6i1.2557.

Zuniati, Mai, Leli Fertiliana Dea, dan Eka Prasetyawati. 2020. “Pemberdayaan Guru PAUD Dalam Pengenalan Literasi Bahasa Asing Menggunakan Metode Bernyanyi Berbasis Nilai-Nilai Aswaja Se-Lampung Tengah.” Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS) 1(02):12. doi: 10.24967/jams.v1i02.1039.

Published
2023-04-13
How to Cite
Nihayah, Hamidatun, and M. Habibullah. “Pendampingan Penyusunan Soal Evaluasi Pembelajaran Berbasis Digital Bagi Para Guru Madrasah Aliyah Islamiah Malo Bojonegoro”. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 8, no. 1 (April 13, 2023): 151 - 162. Accessed February 23, 2024. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/nuansaakademik/article/view/1572.
Section
Articles