IBM DUSUN NANDAN SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN DALAM MENANGANI DRAINASE GANG

  • Suryanto Suryanto
  • Supriyono Supriyono
  • Sukarno Sukarno
Keywords: perencanaan, drainasi, gang, air hujan

Abstract

Keadaan Dusun Nandan tidak jauh berbeda dengan daerah lain di Kabupaten Sleman yaitu beriklim tropis yang meliputi dua musim (musim kemarau dan musim hujan). Di musim penghujan Dusun Nandan mempunyai limpasan air hujan yang tinggi, mengingat tata guna tanah Dusun Nandan sebagian besar berupa pemukiman, saluran drainasi gang sebagian besar belum ada, tiap rumah warga belum semua memiliki peresapan air hujan, di beberapa titik gang sudah dibangun sumur peresapan air hujan, tetapi belum mencukupi, bahkan sudah ada uang sudah tidak berfungsi, karena kurang terawat. Hal ini terlihat aliran air hujan di gang-gang yang cukup deras. Persoalan atau permasalahan yang dihadapi dan disampaikan warga RW 39 Dusun Nandan adalah di wilayah RW 39 Dusun Nandan: belum ada saluran drainasi gang, belum setiap rumah mempunyai sumur peresapan air hujan. Solusi yang ditawarkan adalah pembangunan saluran drainasi gang yang terdiri dari Perencanaan dan Pengawasan Pekerjaan dan  tata cara pemeliharaan saluran drainasi gang. Kesimpulan penelitian ini direkomendasikan: pembuatan produk prasarana fisik yang berupa saluran drainasi gang tertutup U ditch 30 x 40 dengan lokasi di Gang Kembang Duren I RT 09 RW 39 Nandan Sariharjo Ngaglik Sleman, sebagai salah satu muara saluran drainasi di Dusun Nandan, perlu dilanjutkan pembangunannya ke arah hulu dan sosialisasi tata cara pemeliharaan saluran drainasi gang harus mencapai semua lapisan masyarakat Dusun Nandan.

References

Direktorat Pembinaan Jalan Kota, 1990, Petunjuk Desain Drainase Permukaan Jalan No. 008/T/BNKT/1990, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

Hendarsln, S., L., 2000, Perencanaan Teknik Jalan Raya Penuntun Praktis, Politeknik Negeri Bandung-Jurusan Teknik Sipil, Bandung.

Pranowo, H, C,. dkk, 2006, Perencanaan Sistem Drainase Jalan Pd.T-02-2006-B, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Published
2016-02-01
How to Cite
SuryantoS., SupriyonoS., & SukarnoS. (2016). IBM DUSUN NANDAN SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN DALAM MENANGANI DRAINASE GANG. Jurnal Teknik Sipil, 11(1), 49 - 61. https://doi.org/10.47200/jts.v11i1.828