PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERINTEGRASI PADA MODEL PROBLEM SOLVING

  • Ika Septi Hidayati Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
Keywords: scientific, problem solving, reasoning

Abstract

The purpose of this study was to determine the application of an integrated scientific approach to the correct problem solving model in order to improve the reasoning abilities of the fifth grade students of SD Negeri Prembulan. The results of this study indicate that: (1) In general, the application of the integrated scientific approach to the correct problem solving model is effective in improving mathematical reasoning skills, (2) Increasing mathematics reasoning of the fifth grade students of SD Prembulan in the pre-cycle by 50.05% in the cycle I amounted to 76.31% in the second cycle of 85.39%

References

Abdullah, A. G., & Ridwan, T. (2008). Implementasi Prblem Based Learning (PBL) pada Proses Pembelajaran di BPTP Bandung. Prosiding UPI, pp. 1-10.

Atsnan, M.F., & Gazali, R.Y. (2014). Peneraapan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan). Prosiding, ISBN: 978-979-16353-9-4.

Bakri, H. (2009). Peningkatan Minat Belajar Praktek Menggulung Trafo Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Siswa SMK Negeri 3 Makassar. Jurnal MEDTEK, 1, 1.

Brown, J. R., & Dant, R. P. (2008). Scientific Method and Retailing Research: A Retrospective. Journal of Retailing, 84, 1-13.

Mulyono. (2012). Strategi Pembelajaran. Malang : UIN-Maliki Press

Leksono, J. W. (2014). Pendekatan Saintifik pada kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

Muharom, T. (2014). Pengaruh Pembelajaran Dengan Modl Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1, 1.

Nurdalilah. (2012). Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematika dan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 2, 109-109.

Nurul, H. (2013). Pengertian dan Langkah - Langkah Saintifik. Diakses pada tanggal 3 Oktober 2015 pkl 10.56 WIB, dari http://www.nurulhidayah.net/879-pengertian-dan-langkah-pembelajaran-saintifik.html.

Subadi, T. (2010). Lesson Studi Berbasis PTK (Penelitian Tindakan Kelas): Suatu Model Pembinaan menuju Guru Profesional. Surakarta: Badan Penerbit FKIP UMS

Sudjana, N. (2006). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Suherman dkk, E. (2003). Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung : UPI.

Sumarmo, U. 2003. Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Makalah pada Seminar Nasional Nasional Pendidikan Sains dan Matematika. [23 Agustus 2003] kerjasama JICA dan FPMIPA UPI, Bandung.

Yuniarti, T., Riyadi, Subanti, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Ilmiah Pada Materi Segitiga Kelas VII SMP Se-Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektrnik Pembelajaran Matematika. 2, 9, 911-921. ISSN: 2339-1685

Published
2020-08-01
How to Cite
HidayatiI. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERINTEGRASI PADA MODEL PROBLEM SOLVING. Intersections, 5(2), 9-16. https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.551