INVESTIGASI PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PREMBULAN GALUR KULON PROGO PADA MATERI PERSENTASE

Yenny Anggreini Sarumaha

  • Jurnal UCY
Keywords: pendidikan matematika realistik Indonesia, persentase

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana perkembangan pemahaman siswa terhadap materi persen. Penggunaan masalah-masalah dalam penelitian ini tidak terlepas dari pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan matematika realistik.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Prembulan Galur Kulon Progo. Siswa-siswa yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 yang terdiri atas 26 orang siswa dan seorang guru kelas Matematika. Proses pembelajaran di kelas akan direkam menggunakan alat perekan, begitu pula dengan wawancara yang dilakukan selama proses penelitian, peneliti juga akan mengambil catatan lapangan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa pemahaman siswa terhadap materi persentase secara umum sudah baik. Meskipun ada beberapa kekeliruan yang dilakukan siswa, diakibatkan belum terbiasanya siswa menyelesaikan masalah realistik dalam pembelajaran matematika. Siswa memahami bahwa persen merupakan bagian dari perseratus dan dapat direpresentasikan melalui gambar.

Published
2019-07-23
How to Cite
UCY, J. (2019). INVESTIGASI PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PREMBULAN GALUR KULON PROGO PADA MATERI PERSENTASE. Intersections, 3(02). Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/intersections/article/view/164