MENINGKATKAN SIKAP TERHADAP MATEMATIKA SISWA KELAS VII-H SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Danu Jati Pradipta

  • Jurnal UCY
Keywords: pembelajaran matematika; pendekatan saintifik; sikap

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan sikap terhadap matematika siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Yogyakarta melalui penerapan pendekatan saintifik. Data penelitian diperoleh melalui pemberian angket sikap siswa terhadap matematika, observasi dan tes. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukan adanya peningkatan sikap dan prestasi belajar matematika siswa dari kondisi awal, siklus I dan siklus II. Pada siklus I terjadi peningkatan sikap siswa dari kondisi awal pada kategori sedang dengan rata- rata 87,23 meningkat menjadi tinggi dengan rata-rata 104,03. Pada siklus II, sikap siswa berada pada kategori tinggi terjadi peningkatan rata-rata dari siklus I ke silkus II yaitu dari 104,03 menjadi 110, 58. Pada ranah kognitif terdapat peningkatan prestasi belajar dari kondisi awal 0 % siswa yang mencapai KKM meningkat pada siklus I menjadi 52,94 %, dan kemudian meningkat pada siklus II hingga mencapai 79,41 %. Ketercapaian keterlaksanaan proses pembelajaran dengan pendekatan Saintifik pada siklus I sebesar 76,05 % meningkat menjadi 89,21 % pada siklus II.

Published
2019-07-23
How to Cite
UCY, J. (2019). MENINGKATKAN SIKAP TERHADAP MATEMATIKA SISWA KELAS VII-H SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Intersections, 3(02). Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/intersections/article/view/163