PENGEMBANGAN PEMIKIRAN GEOMETRI MAHASISWA MELALUI PERTANYAAN PRODUKTIF

Yenny Anggreini Sarumaha

  • Jurnal UCY
Keywords: geometri, pertanyaan produktif, pendidikan matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana perkembangan pemikiran geometri mahasiswa melalui pertanyaan produktif. Masalah matematika yang digunakan dalam buku ini merupakan salah satu pertanyaan yang diadaptasi dari buku Developing Thinking in Geometry. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UCY angkatan 2015. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UCY, yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan, Gambiran, Umbulharjo, Yogyakarta. Berdasarkan analisis terhadap hasil kerja mahasiswa, diperoleh simpulan bahwa secara umum berdasarkan indikator level berfikir geometri menurut Van-Hiele, mahasiswa telah berada pada tahap 2 (pengurutan) di mana mahasiswa sudah dapat mengetahui hubungan yang terkait antara suatu bangun geometri dengan bangun geometri lainnya. Pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari mahasiswa dapat dikatakan merupakan pertanyaan-pertanyaan produktif. Hal ini dapat dilihat dari jawaban-jawaban yang disertakan, mahasiswa telah melakukan pengamatan langsung terhadap soal yang mendorong mereka melakukan tindakan pengamatan dna percobaan. Pemikiran yang dihasilkan juga terbuka karena mendorong munculnya kesadaran bahwa jawaban yang berbeda bisa saja benar, tergantung konteksnya. Pada akhirnya semua mahasiswa telah ikut berpartisipasi aktif menjawab pertanyaan- pertanyaan yang mereka kemukakan berdasarkan pengamatan yang mereka lakukan dan mencari informasi dan kebenaran dari jawaban-jawaban tersebut.  

Published
2019-07-23
How to Cite
UCY, J. (2019). PENGEMBANGAN PEMIKIRAN GEOMETRI MAHASISWA MELALUI PERTANYAAN PRODUKTIF. Intersections, 3(01). Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/intersections/article/view/159