IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Prihastini Oktasari Putri Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Ika Septi Hidayati Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Rina Febriana Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47200/intersections.v8i1.1534

Keywords:

Media Pembelajaran, Komik Matematika, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan media pembelajaran berupa komik matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Karangsambung yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Adapun hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Karangsambung mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Secara klasikal terdapat peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa yaitu dari 38,46% pada prasiklus menjadi 50% pada siklus I dan meningkat menjadi 76,92% pada siklus II. Selain itu, rata-rata nilai siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan yaitu 58,65 pada prasiklus menjadi 69,80 pada siklus I dan meningkat menjadi 79,03 pada siklus II. Baik secara persentase ketuntasan belajar maupun rata-rata nilai siswa pada siklus II telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Penggunaan media pembelajaran komik matematika dalam pembelajaran matematika terlaksana dengan baik dan memenuhi kriteria yang ditetapkan pada siklus II.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Putri, P. O., Hidayati, I. S., & Febriana, R. (2023). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Intersections: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.47200/intersections.v8i1.1534