IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • Prihastini Oktasari Putri Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Ika Septi Hidayati Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Rina Febriana Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan media pembelajaran berupa komik matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Karangsambung yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Adapun hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Karangsambung mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Secara klasikal terdapat peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa yaitu dari 38,46% pada prasiklus menjadi 50% pada siklus I dan meningkat menjadi 76,92% pada siklus II. Selain itu, rata-rata nilai siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan yaitu 58,65 pada prasiklus menjadi 69,80 pada siklus I dan meningkat menjadi 79,03 pada siklus II. Baik secara persentase ketuntasan belajar maupun rata-rata nilai siswa pada siklus II telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Penggunaan media pembelajaran komik matematika dalam pembelajaran matematika terlaksana dengan baik dan memenuhi kriteria yang ditetapkan pada siklus II.

References

Agus Suprijono. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Jihad Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Persindo.

Midianah. (2020). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Kelas III SDN 168 Seluma. GHAITSA : Islamic Education Journal Vol (1) Issue (1) 2020, (1), 15–31.

Nurhayati, Aswar, Arifin, I. 2018. Komik sebagai Media Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Rakasiwi, N., Wahyudi, dan Indarini, E., 2019. Pengembangan Media Komik dengan Metode Picture And Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Matematika Kelas IV. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10 (1), 60-70.

Sugiyono. 2018. Metode Pembelajaran Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumadayo, Samsu. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yusuf, Muri. 2013. Metode Pembelajaran Kualitatif, Kuantitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Rineka Cipta.

Published
2023-02-01
How to Cite
PutriP., HidayatiI., & FebrianaR. (2023). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Intersections, 8(1), 1-9. https://doi.org/10.47200/intersections.v8i1.1534