PENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI PREMBULAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI)

Authors

  • Ika Septi Hidayati Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Prihastini Oktasari Putri Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Yenny Anggreini Sarumaha Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47200/intersections.v6i2.1111

Keywords:

Group Investigation (GI) Cooperative Learning, Interest in learning

Abstract

The purpose of this study was to determine the appropriate application of the GI Type Cooperative learning model in order to increase the learning interest of the fifth grade students of SD Negeri Prembulan. The results of this study indicate that: (1) In general, the application of the appropriate GI learning model is effective in increasing interest in learning mathematics.

References

Arifin.Afandi 2015.model pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, Zainal. 2011. PenelitianPendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kholid.2014. Pembelajaran Koopertif. Jakarta: Rineka Cipta

Rusman. 2012. Metode belajar. Jakarta: Bumi Aksara

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sukaryanto, 2012. Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Siswa Kelas VII B SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Winkel, S J. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi

Downloads

Published

2021-08-01

How to Cite

Hidayati, I. S., Putri, P. O., & Sarumaha, Y. A. (2021). PENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI PREMBULAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI). Intersections: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 30–37. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i2.1111