EVALUASI KETERLIBATAN MAHASISWA DAN ALUMNI DALAM PEKERJAAN PENGENDALIAN MUTU LAPISAN ASPAL BETON DI KULON PROGO
DOI:
https://doi.org/10.47200/gemi.v2i1.1543Keywords:
Pengendalian Mutu, Aspal Beton, Bina MargaAbstract
Jalan adalah salah satu infrastruktur yang memiliki umur pemeliharaan pendek 1-2 tahun karena frekuensi beban lalu lintas yang padat, pengaruh kondisi tanah dan curah hujan. Dalam pekerjaan lapisan jalan umumnya digunakan lapisan lentur aspal beton dan lapisan kaku beton rigid. Pada Tahun 2021 di Kulonprogo telah dilakukan beberapa pekerjaan peningkatan ruas jalan diantaranya Ruas Jalan Kokap-Pripih Desa Hargomulyo Pakanewon Kokap. Keterlibatan dan kompetensi sumber daya manusia dalam pengendalian mutu sangat penting dan suatu keharusan. Tujuan kegiatan mengetahui keterlibatan mahasiswa dan alumni dalam pengendalian mutu pekerjaan aspal beton. Metode studi melalui kunjungan lokasi, mengamati dokumen pekerjaan dan memberi materi pengendalian mutu pekerjaan.
Berdasarakan studi pengamatan aspek sumber daya manusia tenaga pelaksana lapangan pada kontraktor sudah memenuhi kualifikasi, pada tenaga pengawas dan tenaga ahli sudah memenuhi kualifikasi. Keberadaan mahasiswa Kerra Praktek di lapangan telah banyak membantu dalam pemeriksaan volume pekerjaan dan pemeriksaan kualitas. Hasil pengujian aspal beton pada proyek Peningkatan Ruas Jalan Kokap-Pripih Kabupaten Kulonprogo memiliki kepadatannya aspal beton AC-WC 98,82% > 98% (memenuhi syarat), derajat kepadatannya aspal beton AC-BC 99,12 % > 98% (memenuhi syarat). Kadar aspal ACWC sebesar 5,6 %, kadar aspal aspal ACBC sebesar 5,5%. Pemeriksaan ketebalan pada 34 titik core drill menunjukkan tebal rata-rata pada lapisan ACBC 6,17 cm > 6,0 cm (memenuhi syarat) dan tebal rata-rata lapisan ACWC 4,20 cm (memenuhi syarat). Secara umum dari hasil pemenuhan standar lapisan mutu aspal beton menunjukkan keterlibatan alumni dan mahasiswa UCY dalam bagian unsur pengelola proyek (kontraktor dan pengawas) tersebut kompeten. Sebagai rekomendasi pada kegiatan konstruksi agar mematuhi sistem manajemen keselatan konstruksi dengan memakai alat pelindung diri dan alat pelindung kerja.
References
Direktorat Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, , (2018). Spesifikasi Umum 2018 Untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan.
American Association of State Highway and Transportation Officials (AASHTO), 1993, Guide for Design of Pavement Structures 11 AASHTO 2001, A Policy on geometric design of highways and streets.
Anonim, (2017). Manual Perkerasan Jalan (Revisi Juni 2017) Nomor 04/Se/Db/2017, Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta
Nurokhman, N., Suryanto, S., & Tsany, A. (2022). Studi Kadar Aspal, Kepadatan Dan Tebal Lapisan Laston AC-BC Hasil Coredrill Pada Ruas Jalan KSPN Borobudur. Civetech, 4(2), 53 - 64. Https://Doi.Org/10.47200/Civetech.V4i2.1303
Wong, I.L.K., (2013). Studi Perbandingan Perkerasan Jalan Lentur Metode Bina Marga Dan Aastho Dengan Menggunakan Uji Dynamic Cone Penetration (Ruas Jalan Bungku-Funuasingko Kabupaten Morowali) (063T).
Santara, S.L., Setyawan, A. and Sumarsono, A., 2019. Perbandingan Nilai Marshall Daspal (Damar Aspal) Di Laboratorium Dengan Hasil Coring Di Lapangan Serta Analisis Skid Resistance, Matriks Teknik Sipil, 7(4).
Suryanto, S., & Nurokhman, N. (2022). Evaluasi Properti Marshall Terhadap Mutu Aspal Beton Lapangan Pada Runway Bandara Yogyakarta International Airport. CivETech, 4(1), 59 - 72. https://doi.org/10.47200/civetech.v4i1.1106
Subagyo, S., & Nurokhman, N. (2021). Pengendalian Pekerjaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Interchange Bandara Adi Soemarmo Solo. CivETech, 3(2), 66-81. https://doi.org/10.47200/civetech.v3i2.1059
Doni Ikrar Dinata, Anita Rahmawati, Dian Setiawan M. , (2017), Evaluasi Tebal Perkerasan Lentur Dengan Metode Analisa Komponen Dari Bina Marga 1987 Dan Metode AASHTO 1993 Menggunakan Program Kenpave, Jurnal Ilmiah Semesta Teknika Vol. 20, No. 1, 8-19, Mei 2017