PENDIDIKAN MORAL ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS

Intan Kusumawati & Darmiyati Zuchdi

  • FKIP UCY FKIP UCY
Keywords: Pendidikan moral, pendidikan anak usia dini, pendekatan konstruktivis

Abstract

Pendidikan moral anak usia dini melalui pendekatan konstruktivis berfokus pada pelaksanaan praktik keseharian yang sesuai dengan perkembangan anak sejak lahir. Melalui pendekatan konstruktivis maka tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perkembangan anak dalam semua bidang kurikulum dan semua domain perkembangan berkembang, baik fisik ataupun moralnya. Tujuan pendidikan moral anak usia dini melalui pendekatan konstruktivis agar kelak anak menjadi pelajar yang mandiri. Dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konstruktivis memberikan kesempatan anak untuk belajar tentang isu-isu dan perilaku moral secara pengalaman nyata. Anak membangun pemahaman moral melalui interaksi social yang dialaminya. Guru kontruktivis memfasilitasi anak di dalam ruang kelas agar siswa dapat terlibat langsung dalam menyelesaikan konflik ataupun masalah yang dialami siswa di kelas, mengambil keputusan dan isu-isu sosial. Guru konstruktivitis membangun minat dan tujuan anak dalam membangun penalaran anak, eksperimen anak serta memberikan dorongan anak agar bisa bekerjasama antar semua anggota kelas. Hasil penelitian ini bahwa pendekatan konstruktivis yang dilakukan di kelas menjadikan anak bisa otonom serta dapat mengambil keputusan, anak dapat melakukan permainan dalam kelompok lewat kerjasama, serta dapat melakukan diskusi ataupun musyawarah sosial maupun moral.

Published
2019-05-07
How to Cite
UCY, F. (2019). PENDIDIKAN MORAL ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS. Academy of Education Journal, 10(01). Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/76