ANALISIS KESULITAN SISWA SMP NEGERI 3 PLERET PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Maratu Shalikhah

  • FKIP UCY FKIP UCY
Keywords: analisis, kesulitan, kesalahan, aritmatika sosial

Abstract

Materi aritmatika sosial menjadi fokus dalam penelitian ini. Peneliti ingin mengetahui lebih dalam mengenai pemahaman siswa terkait materi aritmatika sosial. Selain itu, materi aritmatika sosial menuntut berbagai materi prasyarat yang harus dikuasai siswa. Masalah pokok yang diteliti dalam penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi aritmatika sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan aritmatika sosial, faktor-faktor penyebabnya, dan memberikan pemecahan pada kesalahan yang telah diidentifikasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Pleret. Data kesalahan siswa diperoleh dari hasil tes tertulis. Jawaban siswa yang salah diidentifikasi ke dalam jenis dan bentuk kesalahan. Setelah itu dipilih beberapa siswa untuk diwawancarai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami: (1) kesulitan dalam melakukan algoritma penyelesaian soal; (2) kesulitan dalam memahami konsep untung atau rugi jika dikaitkan dengan harga beli dan harga jual; (3) kesulitan dalam memahami konsep diskon. Alternatif pemecahan masalah mengatasi kesulitan tersebut adalah: (1) Guru perlu membiasakan dan menekankan kepada siswa agar dalam mengerjakan soal selalu disertai dengan langkah-langkah yang jelas.; (2) Menerapkan metode Role Playing (bermain peran) dengan memanfaatkan kantin sekolah.

Published
2019-05-07
How to Cite
UCY, F. (2019). ANALISIS KESULITAN SISWA SMP NEGERI 3 PLERET PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Academy of Education Journal, 10(01). Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/74