PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, EMOSIONAL DAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTATAHUN AJARAN 2016/ 2017

Heri Kurnia

  • FKIP UCY FKIP UCY
Keywords: Kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). pengaruh kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan, 2). pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan, 3). pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan dan 4). pengaruh kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual secara simultan terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017.

Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri atas 11 Sekolah Menengah Atas Negeri dengan jumlah 8.073 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling atau acak sederhana. Dari 11 Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Yogyakarta diambil sampel 367 siswa, dengan ketentuan setiap Sekolah Menengah Atas Negeri terkait yang dijadikan sampel adalah siswa kelas X dan siswa kelas XI. Data kecerdasan intelektual dan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan diperoleh dari dokumen, data kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi sederhana dan regresi linier berganda.

Hasil penelitian disimpulkan 1). terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, dengan sig. (P) sebesar 0,000 < 0,05 persamaan regresi sebesar 0,119. 2). Terdapat pengaruh positif tapi tidak signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, dengan sig. (P) sebesar 0,119 > 0,05 persamaan regresi sebesar -0,064. 3). Terdapat pengaruh positif tapi tidak signifikan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, dengan sig. (P) sebesar 0,365 > 0,05 persamaan regresi sebesar 0,040. 4). Terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, dengan sig. (P) sebesar 0,000 < 0,05. Besarnya koefisien determinasi (adjusted R2) = 0,051 artinya variabel bebas secara simultan mempengaruhi variabel terikat sebesar 5,1% sisanya sebesar 94.9% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.

References

Agustian Ary Ginanjar. 2005. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual. Jakarta: Penerbit Arga.

Anne Abraham. 2006. “The Need for the Integration of Emotional Intelligence Skills in business education”, International Journal University of Wollonggong, Wollonggong: Faculty of Commerce, University of Wollonggong

Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aziz Rahmat dan Mangestuti Retno. 2006. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EI) dan Kecerdasan Spiritual (SI) Terhadap Agresivitas pada Mahasiswa UIN Malang”, Jurnal: El-Qudwah, Jurnal Penelitian dan Pengembangan, Vol 1, No 1, April 2006, Universitas Islam Negeri Malang.

Danah Zohar dan Ian Marshall. 2007. Kecerdasan Spiritual. Bandung: Penerbit Mizan.

Djamarah Bahri Saiful. 1994. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Djasuli M. dan Hidayah Nur. 2013. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual Terhadap Kinerja Variabel Moderasi Kompetensi di Kabupaten Lamongan”, Studi Kasus di SKPD Kabupaten Lamongan, Universitas Trunojoyo Madura.

Ellys, J. ed. 2007. Kiat-kiat Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Bandung: Pustaka Hidayah

Emzir, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis data. Jakarta: Rajawali Press.

Ghozali Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Goleman, D. 2005. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi, Jakarta : Penerbit Gramedia.

Hadi Sutrisno. 1993. Metodoligi Research 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Hakim Andi. 2013. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri di Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013”, Tesis: Fakultas Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Sebelas Maret Surakarta

Iqbal Hasan. 2010. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Angkasa.

Nachiappan, dkk. 2013. “Analysis of Cognition Integration in Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ) and Spiritual Quotient (SQ) in Transforming Cameron Highlands Youths through Hermeneutics Pedagogy”. Disampaikan dalam Konferensi Internasional tentang Pendidikan & Psikologi Pendidikan 2013 (ICEEPSY 2013), Sultan Idris Education University, Tanjung Malim, 35900, Malaysia

Oemar Hamalik. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Angkasa.

Rahmasari Lisda. 2012. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan”, Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas AKI, Semarang

Saifudin Azwar. 2010. Pengantar Psikologi Inteligensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjiono Anas. 1986. Teknik Evaluasi Pendidikan Suatu Pengantar. Yogyakarta: U. D. Rama.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2012. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Surahmad, Winarto. 1992. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode dan Teknik. Bandung: Tarsito.

Syah Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Syaiful Bahri Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Tikollah, dkk 2006. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Pada Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan)”. Padang: Simposium Nasional Akuntansi 9 Jurnal multiparadigma lecture, Universitas Brawijaya

Tim. 2016. Pedoman Tesis Program Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta. Yogyakarta: UPY

Trihandini, 2005. “Analisis Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan”, Tesis: Fakultas Pascasarjana, Program Studi Magister Manajemen, Universitas Diponegoro, Semarang

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. 2010. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Heri Kurnia. 2019. “PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA UNIVERSITASCOKROAMINOTO YOGYAKARTA”. Academy of Education Journal 5 (2). https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/120.

Belajar Psikologi. 2013. “Pengertian Belajar Menurut Ahli. Belajar Psikologi”. http://belajarpsikologi.com/pengertian-belajar-menurut-ahli, diakses 29 September 2016.

Kurniawan Aris. 06 Nopember 2015. “12 Pengertian Belajar menurut Para Ahli Pendidikan”. Guru Pendidikan (online). http://www.gurupendidikan.com/101-pengertian-belajar-menurut-para-ahli-pendidikan/, diakses 29 September 2016.

Solihin Akhmad. 12 Juli 2015. “Kumpulan Definisi Dan Pengertian Belajar Menurut Para Ahli”. VISIUNIVERSAL Blog Tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terbaru. http://visiuniversal.blogspot.co.id/2015/07/kumpulan-definisi-dan-pengertian.html, diakses 30 September 2016.

Published
2019-05-07
How to Cite
UCY, F. (2019). PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, EMOSIONAL DAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTATAHUN AJARAN 2016/ 2017. Academy of Education Journal, 10(01). Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/71