Kompetensi Konselor Sebaya Bagi Remaja Berbasis Keagamaan

  • Hartatik Hartatik
  • Subari Subari
  • Fabroy Fauziyatul Munawwaroh
  • Hilman Haroen
  • Supriati Hardi Rahayu
Keywords: Competence, peer-to-peer, adolescent, religion

Abstract

In this article, it can be seen through a literature review that peer-to-peer relationships are often associated with adolescent life. Students as academics are mostly still in that range, especially at the undergraduate level. They are the ones who are vulnerable to national turmoil that triggers violent behavior. They require intense interaction with the same age group in responding to existing changes and developments.

References

Arifudin, W. A., Fatihah, N., Echsan, A., Maftuhah, L., Nadjih, D., & Pandoman, A. (2019). Kesadaran Beragama Pelaku Pariwisata di Kawasan Malioboro. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 4(2), 117–132. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v4i2.559

Bisri, M. (2017). Pengaruh Zikir Terhadap Ketenangan Dan Kebahagiaan Manusia Perspektif Qurani. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 7(2), 88–102.

Fauroni, L., Rusydi, M., Maftukhatusolikhah, M., & Zakaria, N. M. (2019). Pengembangan Wawasan Islam Kebangsaan Mahasiswa Melalui Konseling Sebaya di Masjid Kampus. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 4(2), 105–116. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v4i2.558

Hanurawan, F. (t.t.). F. , “Pengembangan Program Pendidikan Pelatihan Perilaku Anti Tawuran Pelajar Berbasis Sikap,” Laporan Tahunan Penelitian Unggulan Universitas Negeri Malang, tahun 2013.

Hidayat, F., Hidayat, I., Ghofur, A., & Setiawan Santoso, F. (2021). Penanganan Kesehatan Pasien Reaktif COVID-19 Melalui Terapi Zikir Dan Lingkungan Wawasan Pengalaman Subyektif. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.47200/ULUMUDDIN.V11I1.424

Kuswanto, H., Fatkhurrokhman, R., Anam, K., & Rahman, A. S. (2021). Potret Prosesi Tradisi Rasulan Di Kabupaten Gunungkidul. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 6(1), 75–88.

Putra, H. P. (2017). Peningkatan Self Esteem Siswa melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sugesti. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 95. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i1.230

Putro, K. Z. (2013). Pengaruh Interaksi Antar Teman Sebaya (Peer Group) Terhadap Perilaku Remaja. Makalah dalam workshop “Pengembangan Peer Counsellor berbasis Keagamaan sebagai Antisipasi Kekerasan dan Kenakalan Remaja” pada 3-5 Desember 2013 di Yogyakarta. Workshop Pengembangan Peer Counsellor berbasis Keagamaan sebagai Antisipasi Kekerasan dan Kenakalan Remaja, Yogyakarta.

Rini, M. T., Hardika, B. D., & Suryani, K. (2020). Penurunan Berat Badan pada Remaja Obesitas Menggunakan Hipnoterapi. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(1), 135–141. https://doi.org/10.31539/jks.v4i1.1604

Santoso, F. S. (2020). Motivasi Keagamaan Konsumen Muslim Dalam Penggunaan Bank Syariah. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 5(2), 103–116. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v5i2.577

Santrock, J. W. (2017). Psikologi Pendidikan (cet ke-2). Prenada Media.

Sarnoto, A. Z., & Wibowo, S. (2021). Membangun Kecerdasan Emosional Melalui Zikir Dalam Perspektif Al-Quran. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 11(1), 55–68.

Published
2022-02-05
How to Cite
Hartatik, H., Subari, S., Munawwaroh, F., Haroen, H., & Rahayu, S. (2022). Kompetensi Konselor Sebaya Bagi Remaja Berbasis Keagamaan. Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 1(1), 01 - 16. Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/awtjhpsa/article/view/1115
Section
Articles